Selasa, 16 April 2019

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA


SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA


Standar Kompetensi   :  1.   Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar       :  1.2 Mendeskripsikan system reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan system reproduksi pada manusia.

            Setiap Makhluk Hidup akan bereproduksi untuk kelangsungan jenisnya. Demikian juga dengan manusia mengalami reproduksi untuk kelangsungan hidupnya. Agar proses reproduksi dapat berlangsung dengan baik haruslah di dukung dengan struktur organ reproduksi dan proses fisiologis yang sempurna. Pada Bab ini akan dipelajari struktur alat reproduksi manusia dan gangguan yang dapat terjadi.

A.    ORGAN REPRODUKSI PADA MANUSIA
Berdasarkan cara perkembangbiakannya manusia tergolong vivipar ( melahirkan anak) dengan vertilisasi internal ( pembuahan di dalam tubuh ). Oleh karena itu memiliki alat – alat reproduksi yang mendukung fungsi tersebut.

1.      ORGAN REPRODUKSI PADA PRIA
Organ reproduksi pria terdiri atas :
a.       Testis, berjumlah sepasang dan berbentuk bulat telur . Testis tersimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum atau buah zakar. Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormone testosterone.
b.      Epididimis, merupakan saluran berkelok kelok yang terdapat dalam skrotum , berfungsi sebagai tempat pematangan sperma.
c.       Vasdeferens, merupakan saluran yang menghubungkan antara testis dengan kantung sperma, berjumlah sepasang, bagian ujungnya terletak di kelenjar prostat.
d.      Kantong sperma / kelenjar seminalis, berfungsi menampung sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh.
e.       Penis, didalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran urine dan saluran sperma.Kelenjar prostat, sebagai penghasil cairan basa untuk melindungi sperma dari gangguan luar.



                                       Gambar 2.1 Alat reproduksi pada pria
2.      ORGAN REPRODUKSI PADA WANITA.
a.      Ovarium / indung telur, berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur ( ovum ). dan hormone estrogen dan progesteron. Sel telur yang telah masak akan lepas dari ovarium. Peristiwa ini disebut ovulasi
b.      Oviduk / tuba falopii, berfungsi menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerakkan peristaltik. Bagian ujung oviduk berbentuk corong berjumbai- jumbai
 ( fimbrae ) yang berfugsi untuk menangkap sel telur yang dilepaskan oleh ovarium. Oviduk merupakan tempat terjadinya fertilisasi ( pembuahan ).
c.       Uterus / rahim, merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya  embrio sampai dilahirkan.
Dinding uterus memiliki 3 lapisan yaitu : lapisan perimetrium, lapisan miometrium, lapisan endometrium.
d.        Vagina,  merupakan organ reproduksi yang paling luar, berfunsi untuk lubang kelahiran. Di dindin vagina terdapat kelenjar bartholini yang menghasilkan lender.                                                                                                                   




Gambar 2.2 Alat reproduksi pada wanita.



Gambar 2. 3. Alat reproduksi pada pria

B.     PEMBENTUKAN SEL KELAMIN
Pembentukan selkelamin berupa pembentukan sel kelamin laki – laki atau sperma dan pembentukan sel kelamin perempuan atau sel telur.
1.      Pembentukan Sperma.
Proses pembentukan sperma disebut spermatogenesis.
Didalam testis terdapat sel kelamin pemula yang disebut sel spermatogonium yang bersifat diploid (2n) atau jumlah kromosom rangkap dua.Spermatogonium kemudian membelah secara mitosis menghasilkan spermatogonium. Sebagian sel spermatogonium akan membelah diri kembali dan sebagian berkembang menjadi sel yang lebih besar yang disebut spermatosit primer juga diploid.
Kemudian spermatozoid primer membelah secara meiosis menghasilkan spermatozoid sekunder, kemudian membelah lagi secara meiosis membentuk empat sel spermatid yang haploid ( n) atau rangkap satu. Kemudian spermatid berdiferensiasi menjadi sel kelamin laki – laki yang sudah masak yang disebut sperma.
Jadi sebuah sel spermatosit primer akan menghasilkan empat sperma yang masing – masing memiliki jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel spermatogonium.

Gambar 2.4 Skema Spermatogenesis.



Gambar 2.5 Sperma

2.      Pembentukan sel telur ( ovum )
Proses pembentukan sel telur ( ovum) disebut oogenesis.
Didalam ovarium terdapat banyak sel pemula dari sel telur yang disebut Oogonium yang bersifat diploid ( 2n).
Oogonium akan membelah diri secara mitosis sehinga terbentuk lebih banyak oogonium. Oogonium akan berkembang menjadi oosit primer. Selanjutnya oosit
primer membelah secara meiosis menghasilkan oosit sekunder dan badan kutub pertama (primary polar body). Oosit sekunder bentuknya lebih besar, mengandung kuning telur dan sitoplasma sedangkan badan kutup pertama merupakan sel kecil yang hanya teridiri dari inti.badan kutup pertama akan membelah menjadi dua sel.
Oosit sekunder membelah secara meiosis menjadi dua sel yang tidak sama besar. Sel yang besar disebut Ootid yang bersifat haploid dan sel yang kecil disebut badan kutup kedua (secondary polar body).Ootid kemudian berkembang menjadi sel telur ( ovum) yang haploid (n) sedangkan tiga badan kutup yang kecil diserap kembali.
Jadi pada oogenesis setiap oosit primer hanya menghasilkan satu sel telur saja.



Gambar 2.6 Skema Oogenesis



Gambar 2.7 Sel telur / Ovum
 
Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel somatis (sel – sel penyusun tubuh ). Pada pembelahan ini setiap sel induk yang diploid (2n ) menghasilkan dua buah sel anak yang masing – masing tetap diploid. Jumlah kromosom sel anak sama dengan jumlah kromosom sel induk. Bila sel induk mengandung 46 kromosom maka sel anak juga mengandung 46 kromosom.
Pembelahan mitosis dimulai ketika telah terjadi peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina membentuk zigot yang bersifat diploid ( 2n).

Pembelahan meiosis disebut juga pembelahan reduksi. Pada pembelahan meiosis satu sel induk yang diploid (2n) akan menghasilkan empat sel anak yang masing – masing haploid ( n). hal ini berarti jumlah kromosom sel anak setengah dari jumlah kromosom sel induk. Bila kromosom sel induk 46 maka sel anaknya mengandung 23 kromosom.
Pembelahan meiosis hanya terjadi pada pembentukan sel kelamin (gamet, yaitu pembentukan sperma dan pembentukan sel telur / oum.

C.    PROSES FERTILISASI / PEMBUAHAN
Ketika sel telur telah matang maka akan dilepaskan dari ovarium, peristiwa ini disebut ovulasi. Jika dalam perjalanannya menuju ke uterus/ rahim sel telur bertemu dengan sperma di oviduk/ tuba falopii/ saluran telur maka terjadilah yang disebut pembuahan / fertilisasi. Jika sudah ada satu sel sperma yang berhasil membuahi sel telur, membrane yang melapisi sel telur akan mencegah sperma lain untuk membuahi lagi.
Jika sel telur tidak terbuahi maka akan luruh bersama dinding rahim dan terjadi pendarahan. Peristiwa tersebut dikenal sebagai menstruasi


D.    PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EMBRIO
Sel telur yang telah bersatu dengan sperma membentuk zigot. Selanjutnya zigot bergerak di dalam oviduk menuju uterus sambil melakukan pembelahan secara mitosis. Zigot yang membelah dan mencapai uterus disebut embrio. Embrio akan tertanam di dalam dinding uterus. Proses tertanamnya embrio di dalam dinding uterus disebut implantasi.
Embrio dikelilingi oleh struktur seperti jari yang disebut villi. Permukaan villi saling berikatan membentuk suatu struktur yang disebut plasenta.
Plasenta memiliki beberapa fungsi, yaitu :
a.       Sebagai jalan pemberian sari makanan dari ibu ke janin
b.      Sebagai jalan pembuangan sisa – sisa metabolisme dari janin ke ibu
c.       Melindungi janin dari penyakit dan racun tertentu
d.      Sebagai jalan pemberian antibody dari tubuh ibu ke janin agar janin terhindar dari penyakit.





Gambar 2.8 Proses perkembangan zigot setelah fertilisasi sampai menempel   
                      pada dinding uterus.

      Setelah beberapa minggu embrio tumbuh dan berkembang dan disebut janin / fetus. Janin melekat pada plasenta dan dihubungkan oleh tali pusar. Janin juga dilindungi oleh rongga amnion yang di dalamnya terdapat cairan amnion ( ketuban ). Amnion berfungsi untuk melindungi janin dari kekeringan dan goncangan.

      Didalam rahim embrio berkembang selama 9 bulan untuk membentuk bayi.
Dibawah ini proses perkembangan embrio.

Gambar 2. 9 embrio umur 4 minggu sudah tampak pertumbuhan mata dan telinga



Gambar 2. 10 embrio umur 8 minggu sudah terbentuk janin yang mirip dengan bayi,   
                         mulai   tampak tangan, jari tangan, hidung dan kaki.
Usia 10 minggu, panjang janin lebih kurang 6 cm dan sudah terlihat seperti bayi.  Ukuran kepalanya lebih besar dari pada ukuran badan.




            Gambar 2. 11 embrio umur 16 minggu, panjang janin telah mencapai 40 cm dan
                                     memiliki  organ yang sudah lengkap.
                                   
                        Usia 40 minggu, janin sudah siap untuk di lahirkan.
 Kelahiran kembar meliputi : kembar identik dan kembar fraternal.
Kembar identik jika berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma kemudian membelah menjadi dua. Biasanya mempunyai jenis kelamin sama, wajahnya juga sama.
Kembar fraternal, berasal dari dua sel telur yang diproduksi oleh ovarium secara bersamaan dan dibuahi oleh dua sperma. Sifat kembar ini tidak selalu sama, wajahnya juga bisa berbeda,jenis kelaminnya bisa perempuan semua, bisa laki –laki semua dan bisa perempuan dan laki – laki


E.     KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
1.      AIDS ( Acquired Immuno Deficiency Syndrome ).
Acquired berarti diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh dan Syndrom berarti penyakit, sehingga AIDS mudah sekali terserang penyakit yang berbahaya. AIDS disebabkan oleh virus HIV ( Human Immuno Deficiency Virus ), yang menyerang sel darah putih. Penularan virus ini bisa melalui hubungan seksual dengan seorang yang terinfeksi HIV, melalui jarum suntik atau alat tusuk lain yang terinfeksi HIV, transfuse darah yang tercemar HIV, bisa juga melalui ibu hamil yang terinfeksi HIV kepada bayi yang dikandungnya.
2.      Gonorea / kencing nanah, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseia gonorrhoeae. Bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak seksual,penderita gonorea akan merasakan sakit pada saat urinasi, kadang – kadang urine mengeluarkan nanah.Jika tidak diobatkan bisa mengakibatkan kemandulan.
3.      Sifilis / raja singa, disebabkan oleh bakteri Treponema palladium, bakteri ini bisa ditularkan melalui kontk seksual, bisa juga dengan jalan lain. Penyakit ini ditandai dengan adanya luka pada alat kelamin dan jika tidak segera di obati bakteri dapat merusak sel otak, melumpuhkan tulang atu merusak jantung dan pembuluh darah.
4.      Herpes genitalis, disebabkan oleh virus herpes simplex tipe II, yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus dan vagina. Gejalanya berupa gatal – gatal, pedih dan kemerahan , kemudian timbul beberapa lepuh kecil – kecil selanjutnya pecah dan menimbulkan luka.Ditularkan melalui hubngan seksual.
5.      Candida / keputihan, terjadi inveksi pada dinding vagina.

KEGIATAN 2.1
Tujuan             : untuk memahami istilah – istilah yang berkaitan dengan Sistem Reproduksi
Cara kerja        : Isilah teka teki silang sesuai dengan pertanyaan yang ada
Pertanyaan Mendatar
2        Tempat penghasil sel telur
6        Tempat penghasil sperma
7        Sebutan untuk embrio yang tumbuh dan berkembang
10    Tempat terjadinya pembuahan
12    persatuan antara sel telur dan sel sperma
14    Penyakit yang disebabkan oleh virus HIV
16    Penyakit kelamin yang sering juga disebut sebagai kencing nanah
17    Kromosom yang diploid sering dilambangkan dengan angka.
Pertanyaan Menurun
1.      Proses pembentukan sel telur
3        Istilah lainnya disebut rahim
4        Peristiwa lepasnya sel telur dari indung telur
5        Bayi kembar yang berasal dari satu sel telur
8        Berfungsi memberi sari makanan dari ibu ke janin
9        Istilah lain pembuahan
11    Oosit sekunder membelah menjadi 2 sel yang tidak sama, sel yang besar disebut
13    Berfungsi sebagai tempat kelahiran bayi secara alami
15    Nama latin untuk sel telur
18    Pembelahan dari spermatosit primer menjadi spermatosit sekunder
19    Cairan ini disebut juga dengan ketuban
20    Saluran yang terletak di dalam penis yang berfungsi menyalurkan urine ke luar tubuh
TEKA TEKI SILANG






8
9

15










1
4






19







2





18


































20





3





16









6













5





















14








7




11





17









10
13





























12






























































EVALUASI  II
A.     Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Tepat.
1.      Alat perkembangbiakan pada laki – laki terdiri atas ….
a.       Ovarium, vas deferens, penis              c. ovarium, oviduk, vagina
b.      Testis, vas deferens, penis                   d. testis, vas deferens, uterus
2.      Alat reproduksi laki – laki yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan melalui penis adalah ….
a.       Vulva              b. vas deferens                        c. epididimis                d. uretra
3.      Pembentukan sperma ( spermatogenesis ) terjadi di ….
a.       Testis               b. ovarium                   c. vas deferens                        d. epididimis
4.      Sebuah sel spermatosit primer akan menghasilkan sperma sebanyak ….
a.       Satu                 b. dua                          c. tiga                          d. empat
5.      Alat reproduksi wanita terdiri atas ….
a.       Ovarium, vas deferens, uterus, vagina
b.      Ovarium, oviduk, uterus, vagina
c.       Ovarium, testis, uterus, vagina
d.      Ovarium, oviduk, epididimis, vagina
6.      Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium disebut ….
a.       Menstruasi       b. fertilisasi                  c. implantasi                d. ovulasi
7.      Serviks disebut juga ….
a.       Mulut rahim    b. rahim                       c. saluran telur             d. indung telur
Untuk soal nomor 8 dan 9 perhatikan gambar di bawah ini.

8. Oviduk dan uterus berturut – turut ditunjukkan oleh  gambar nomor ….
                a. 1 dan 2
                b. 1 dan 3
                c. 2 dan 3
                d. 2 dan 4







9. Tempat terjadinya fertilisasi di tunjukkan oleh gambar nomor ….
a.       2                      b. 3                              c. 4                              d. 5
10. Pembelahan mitosis menghasilkan sel anak yang memiliki jumlah kromosom….
                 a. tiga kali jumlah kromosom sel induk      c. sama dengan jumlah kromosom sel induk
                 b. dua kali jumlah kromosom sel induk     d. setengah jumal kromosom sel induk
11. Proses tertanamnaya embrio di dalam dinding uterus disebut ….
     a. ovulasi                b.fertilisasi                   c. menstruasi               d. implantasi
12. Plasenta pada manusia memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali ….
    a. menyalurkan sisa – sisa metabolism dari ibu ke janin
    b. menyalurkan sari makanan dari ibu ke janin
    c. melindungi janin dari penyakit
    d. menyalurkan antibody dari ibu ke janin
13. Lapisan rahim paling dalam disebut ….
     a. parametrium       b. endometrium           c. myometrium            d. uterus
14. Selaput pembungkus embrio salah satunya adalah amnion yang mempunyai fungsi :
     a. melindungi ibu dan janin                        c. melindungi embrio dari benturan
     b. pertukaran zat antara ibu dan janin        d. memberi makan dan O2 pada embrio
15. Selain menghasilkan sel sperma, testis juga berfungsi sebagai tempat pembentukan 
      hormone ….
a.       Progesterone                                        c. estrogen
b.      Testosterone                                        d. insulin        
16. Pada kembar identik ....
     a. satu ovum dibuahi dua sperma               c. satu ovum dibuahi satu sperma
     b. dua ovum dibuahi dua sperma               d. dua ovum dibuahi satu sperma
17. Seorang wanita sudah tidak produktif untuk bereproduksi yang ditandai dengan tidak
      Mengalami menstruasi disebut …
a.       Oogenesis         b. spermatogenesis      c. ovulasi                     d. menopause
18. Berikut adalah penyakit yang dapat mengakibatkan menurunnya system kekebalan 
      tubuh seseorang ….
a.       AIDS                b. herpes                      c. gonorea                    d. sifilis
19. Bakteri berikut dapat menyebabkan penyakit sifilis adalah….
    a. Neisseria gonorrhoeae                            c. Treponema palladium
    b. Tripanosoma gambiense                         d. Eschericia coli
20. Penyakit yang membahayakan jantung dan otak , melalui ibu yang ditularkan ke
      fetusnya adalah ….
a.       Klamidia           b. herpes                      c. candidiasis               d. gonore

 II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat
1.      Sebutkan 3 macam kelenjar reproduksi pada pria
………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
2.      Jelaskan proses pembentukan sel sperma pada manusia
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.      Apa itu ovulasi dan bagaimana hubungannya dengan menstruasi ?
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………….
4.      Tuliskan perbedaan antara kembar identik dan kembar fraternal.
………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
5.      Tuliskan 3 cara pencegahan terhadap virus HIV
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….


Sumber : IPA Airlangga- KTSP


21 komentar:

  1. Ayo Siswa kelas 9F dan 9G, mencoba mengerjakan ya... .

    BalasHapus
  2. Sangat jelas materinya trim's
    Nama:Yemima Putri k.
    Kelas:9F
    Absen:31

    BalasHapus
  3. Nama:miaartanti
    Kelas:9f
    Absen:19

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Terima kasih bu materinya...
    Nama:M sabilul huda
    Kelas:9f
    No :20

    BalasHapus
  6. nama:vicky candra ayu devania
    kelas:9f
    no:28

    BalasHapus
  7. Nama: Dany irmawan
    Kelas :9F
    No :5
    Trimakasih bu materi dan soal nya

    BalasHapus
  8. Nama:Najwa Alya Hafshah
    Kls 9F
    No 23
    Terimakasih atas materi yang diberikan

    BalasHapus
  9. Nama: Gracia eka Kristiandra
    Kelas: 9F
    No: 12
    Terimakasih Bu

    BalasHapus
  10. Nama:Ratu kharisma dhea
    Kelas: 9f
    No:24

    BalasHapus
  11. Nama:Ratu kharisma dhea
    Kelas: 9f
    No:24

    BalasHapus
  12. Terima kasih
    Nama: Grace Aurelia Maresca
    Kelas 9F
    No 11

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu materinya
    Nama : elvina dyah.y
    Kelas : 9f/07

    BalasHapus
  14. Terimaksih bu materinya jelas dan saya sudah paham
    Nama: Elinda Maulani Trisakti Pratiwi
    Kelas: 9F/06

    BalasHapus
  15. Nama:kaka trisnawan
    Kelas:IXF/17

    BalasHapus
  16. Anisyahra Wahyu fauziah
    9F/04

    BalasHapus
  17. Anisyahra Wahyu fauziah
    9F/04

    BalasHapus

Bunyi

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata Modul 1.4

  Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata Modul 1.4 Penerapan Budaya Positif dalam menumbuhkan karakter gotong-royong dan cinta lingkungan den...