Rancangan
Tindakan untuk Aksi Nyata Modul 1.4
Penerapan
Budaya Positif dalam menumbuhkan karakter gotong-royong dan cinta lingkungan
dengan Mamijumpah (Lima Menit Jumput Sampah)
Siti
Umi Fitriyah, S.Pd., M.Si
CGP
Angkatan 5 dari Kota Salatiga
Latar Belakang
Sekolah
adalah tempat penumbuhan karakter. Tugas guru memupuk karakter baik siswa.
Karakter gotong-royong dan mencintai Lingkungan perlu ditingkatkan karena SMP N
8 Salatiga masuk dalam Sekolah Adiwiyata
1. Tumbuh dan
berkembangnya karakter gotong-royong dan cinta lingkungan
2. Tumbuhnya
motivasi Intrinsik siswa
1.Terbentuknya
karakter gotong-royong dan cinta lingkungan
2. Munculnya
motivasi intrinsik siswa akan karakter gotong -royong dan cinta lingkungan
3. Adanya
Pembiasaan rutin dengan MamiJumpah (Lima Menit Jumput Sampah)
1.Memfasilitasi murid untuk menerapkan
keyakinan kelas yang disepakati oleh semua murid
untuk melaksanakan gotong-royong
membersihkan lingkungan kelas dengan lima menit
jumput sampah (Mamijumpah) setiap hari.
2. Berkolaborasi
dengan semua warga sekolah untuk melaksanakan program gotong-royong
membersihkan lingkungan sekolah dengan
Mamijumpah.
3. Mengevaluasi
setiap pelaksanaan program dengan melaksanakan praktik segitiga restitusi
terhadap kendala atau kesalahan dalam
melaksanakan kelas yang sudah disepakati.
Sedangkan Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Minggu 1
a. Berdiskusi
dengan kepala sekolah dan rekan sejawat tentang program MamiJumpah
b. Menjelaskan
kepada murid maksud dan tujuan Mamijumpah
Minggu ke-2
a. Berdiskusi
dengan murid Menyusun kesepakatan kelas wujud dari budaya positif
b. Merangkum semua
usulan dari murid
Minggu ke-3
a. Disiplin
positif mami jumpah berjalan dan selalu diobservasi
b. Murid
melaksanan penilaian diri dengan lembar penilaian diri
Minggu ke-4
a. Mengadakan
refleksi terhadap program MamiJumpah
b. Mengadakan
evaluasi dan refleksi terhadap seluruh warga sekolah pada program MamiJumpah
Dukungan yang
dibutuhkan Semua warga sekolah (Murid, guru, orang tua siswa, seluruh
stakeholder sekolah)
1. Tetap saja
dijumpai siswa yang masih tidak melakukan mami jumpah, tetap ditanggani yaitu
dengan pemberlakuan penyelesaian masalah
dengan segitiga restitusi.
2. Kurangnya
sarana dan prasarana yang mendukung aksi Mamijumpah
3. Kurangnya
ketersediaan air untuk menyiram tanaman
4. Siswa semakin
sadar akan pentingnya sikap gotong royong dan cinta lingkungan.
Hampir semua siswa menyatakan bahwa program mamijumpah
banyak sekali manfaatnya, terutama memupuk rasa gotong-royong dan kerja sama
serta cinta lingkungan
Program mamijumlah dilaksanakan secara konsisten dan
sudah menjadi salah satu program pembiasaan di SMP N 8 Salatiga
DOKUMENTASI DAN
HASIL
1. Foto Kegiatan
2. Video Kegiatan
3. Testimoni Siswa dan Guru
https://youtube.com/shorts/dj5-UtkmIuc?feature=share
Tidak ada komentar:
Posting Komentar