Laporan Pengembangan Diri
WORKSHOP
PENINGKATAN MUTU GURU DAN KARYAWAN SMP NEGERI 8 SALATIGA
DALAM MENGHADAPI
KETERAMPILAN ABAD-21 DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
29 Juli, 5-10
Agustus 2019
Di
SMP Negeri 8 Salatiga
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI
8 SALATIGA
Jl.
Argotunggal Sidorejo Kidul Tingkir kota
Salatiga
2019
Lembar
Pengesahan
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
WORKSHOP
PENINGKATAN MUTU GURU DAN KARYAWAN SMP NEGERI 8 SALATIGA DALAM MENGHADAPI KETERAMPILAN ABAD-21 DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
29 Juli, 5-10
Agustus 2019
Di
SMP Negeri 8 Salatiga
Disusun Oleh :
Siti Umi Fitriyah, S.Pd
NIP. 197609122002122009
Disahkan oleh:
Salatiga, September 2019
Kepala
SMP Negeri 8 Salatiga Koordinator PKB,
Dra Anna Maria Andharini, M.Pd Siti Umi Fitriyah, S.Pd
NIP.
196301281984032009 NIP . 197609122002122009
IDENTITAS GURU
1.
Nama Sekolah : SMP Negeri 8 Salatiga
2. Nama
Guru : SITI UMI FITRIYAH, S.Pd
3. NIP : 197609122002122009
4. Jabatan/
Golongan Guru : Guru
Pembina - IV/a
5. Alamat
Sekolah
· Jalan : Argotunggal Sidorejo Kidul Tingkir
· Kabupaten/Kota : Salatiga
· Propinsi : Jawa Tengah
· Telpon : 0298 - 321653
6. Mengajar
Mata Pelajaran : IPA
7. SK
Pengangkatan
A. Sebagai
CPNS
· Pejabat
yang mengangkat : Walikota Salatiga
· Nomor
SK : 813.3/192/KEP/2003
· Tanggal
SK : 17 Maret
2003
B.
Pangkat Terakhir
· Pejabat
yang mengangkat : Gubernur Jawa Tengah
· Nomor
SK : 823.4/672/2016
· Tanggal
SK : 29 Agustus 2016
8.
Alamat Rumah
· Jalan : Perum Argotunggal Ledok Salatiga
· Kota : Salatiga
· Provinsi : Jawa Tengah
· Telpon Hp : 085865600608
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat
dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan Laporan Workshop peningkatan mutu
guru dan karyawan SMP N 8 Salatiga dalam menghadapi keterampilan Abad 21 di era
revolusi industri 4.0 tahun pelajaran 2019/2020
yang diselenggarakan di SMP
N 8 Salatiga pada tanggal 29 Juli, 5-10 Agustus 2019 oleh
Kurikulum SMP N 8 Salatiga.
Di
dalam Kegiatan Workshop Workshop peningkatan muti guru dan karyawan SMP N 8 Salatiga dalam
menghadapi keterampilan Abad 21 di era revolusi industri 4.0
Pembelajaran Guru SMP 2019
serta penyusunan laporan ini, penulis telah mendapat banyak kesempatan,
menerima bimbingan, petunjuk, bantuan serta saran-saran yang bermanfaat dari
berbagai pihak, yang semuanya itu dapat memberikan kemudahan dan menunjang
dalam menyelesaikan penulisan laporan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini
penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada yang terhormat :
1. Yuni Ambarwati, SH kepala Dinas
Pendidikan Kota Salatiga.
2. Dra. Anna Maria Andharini, M.Pd selaku
Kepala SMP Negeri 8 Salatiga .
3. Panitia, peserta dan narasumber serta
semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan
satu per
satu.
Penulis
menyadari, bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam
penyusunan laporan pengembangan diri ini yang disebabkan oleh keterbatasan
waktu, kemampuan dan pengetahuan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya,
penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan
bagi penulis sendiri khususnya.
Salatiga, September
2019
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN
DEPAN.....................................................................1
LEMBAR
PENGESAHAN..........................................................................................2
LEMBAR
IDENTITAS.............................................................................................3
KATA
PENGANTAR......................................................................4
DAFTAR
ISI.................................................................................5
PENGEMBANGAN DIRI
I.
Latar
Belakang ………………………………….. 6
II.
Dasar
Hukum …………………………………….7
III.
Nama
Kegiatan …………………………………….7
IV.
Tujuan
……………………………………………7
V.
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan……………………8
VI.
Peserta…………………………………………….8
VII.
Narasumber
…………………………………………8
VIII.
Penyelenggara……………………………………..9
IX.
Anggaran……………………………………………9
X.
Struktur
Program …………………………………..9
XI.
Kegiatan
……………………….…………………....10
XII.
Pelaksanaan
………………………………………...10
XIII.
Tindak
Lanjut……………………………………….17
XIV.
Dampak
…………………………………………….17
XV.
Penutup……………………………………………….17
Lampiran
Matriks…………………………………………….......……..18
Foto/Flyer…………………………………………………….19
|
WORKSHOP
PENINGKATAN MUTU GURU DAN KARYAWAN SMP NEGERI 8 SALATIGA
DALAM MENGHADAPI
KETERAMPILAN ABAD-21 DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
29 Juli, 5-10
Agustus 2019
I.
Latar
Belakang
Sumber daya manusia yang berkualitas dibentuk melalui
proses pendidikan. Hasil dari proses pendidikan tersebut akan menentukan nasib
sebuah bangsa. Masalahnya adalah bagaimana proses pendidikan tersebut mampu
mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan nasional
menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan pendidikan bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggungjawab.
Untuk
mencapai tujuan pendidikan nasional tersebut maka diperlukan berbagai upaya dan
salah satunya adalah dengan menyusun kurikulum dan
perangkat pembelajaran yang mampu
memberikan landasan yang kuat, arah yang jelas, metode yang komprehensif, dan
strategi yang terukur sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan.
Berkaitan dengan hal tersebut seiring dengan kebijakan desentralisasi
pendidikan maka sangatlah penting bagi setiap sekolah untuk menyusun sebuah
kurikulum operasional tingkat satuan pendidikan
dan perangkat pembelajaran. Diharapkan kurikulum yang tersusun sesuai dengan kebutuhan
pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa
sekarang dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal,
nasional, dan tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah.
Sesuai
dengan Permen PAN/ RB No.16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional Guru dan
Angka kreditnya, guru/ tenaga kependidikan dituntut mengembang keprofesionalnya melalui
pengembangan diri.
Kebijakan
Pemerintah tentang perubahan dari kurikulum KTSP 2006 ke kurikulum KTSP 2013
yaitu salah satunya tentang IT/ mapel
TIK. Di KTSP 2006 TIK adalah Mata pelajaran tersendiri, sedang di kurikulum KTSP 2013 TIK
merupakan sarana pembelajaran yang digunakan sebagai media pembelajaran mata
pelajaran yang lain.
II.
Dasar Hukum
1.
Undang
– Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Peraturan
– Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
3.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
(SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan(KTSP) dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).
7. Permen PAN/RB No. 16 tahun 2009 tentang jabatan
fungsional guru dan angka kreditnya
8. Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kurikulum
SMP/MTs
9. Permendikbud No. 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
10. Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi
11. Permendikbud No. 22 tahun 2016
tentang Standar Proses
12. Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian
13. Permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar
14. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah
Menengah Pertama (edisi tahun 2016)
15. Permendikbud No. 3 tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh
Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan.
16. Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah
Pertama (edisi Revisi tahun 2017)
17. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah
Menengah Pertama (edisi Revisi tahun 2017 berlaku mulai tahun Pelajaran
2017/2018)
18. Permendikbud RI No. 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban Kerja, Kepala
Sekolah dan Pengawas Sekolah (Lampiran I, II, III).
III.
Nama Kegiatan
Workshop
Peningkatan Mutu Guru dan Karyawan Menghadapi Abad-21 di Era Revolusi Industri
4.0 SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.
IV.
Tujuan
1. Tersusunnya
perangkat pembelajaran guru SMP Negeri 8 Salatiga sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Negeri 8 Salatiga khususnya
dan tujuan pendidikan nasional pada umumnya.
2. Meningkatnya
kompetensi terutama kompetensi profesional tenaga pendidik
dan kependidikan SMP Negeri 8 Salatiga
3. Mempersiapkan kemampuan Guru dan
Karyawan SMP Negeri 8 Salatiga dalam menghadapi abad-21 di era revolusi
industri 4.0.
V.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu :
29 Juli, 5 – 10 Agustus 2019
Tempat :
SMP Negeri 8 Salatiga
Pukul
: 10.00 s.d. 18.00 WIB
VI.
Peserta
1.
Seluruh
guru dan karyawan SMP Negeri 8 Salatiga
2.
Perwakilan
SMP Kristen 2 Salatiga
3.
Perwakilan
SMP Negeri 7 Salatiga
4.
Perwakilan
SMPN 1 KedungJati Grobogan
5.
Perwakilan
SMP Kristen 04 Salatiga
6.
Perwakilan SMP N 5 Salatiga
7.
Mahasisawa PPL IAIN Salatiga sebanyak 13 Mahasiswa
VII.
Narasumber
1.
Yuni
Ambarwati, S.H., Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga
2.
Dra.
Anna Maria Andharini, M.Pd., Plt. Kepala SMP Negeri 8 Salatiga
3.
Endang
Dwi Wahyuni, M.Pd., Pengawas SMP Kota Salatiga dan Fasda Kota
4.
Siti
Umi Fitriyah, S.Pd. Waka Kurikulum SMP Negeri 8 Salatiga
5.
Dr. Jumadi, S.Pd.,M.Th
6.
Tim
Kurikulum SMP Negeri 8 Salatiga
VIII.
Susunan Panitia / Penyelenggara
Penanggung jawab : Dra. Anna
Maria Andharini, M.Pd
Ketua :
Siti Umi Fitriyah, S.Pd.
Sekretaris :
1. Ayomi Palupi Irawati, S.Pd.
2. Ika Ayu Trisnaningsih, S.Kom.
Bendahara :
1. Liana Istiqorini, A.Md.
2. Ery Purnamawati, S.Pd.
Sie Humas : 1. Dian Tris Harnanto, S.Pd.
2. Jumadi, S.Pd.
Sie Komsumsi : 1. Wiwik Tyas Astuti
2. Istien Ayu Fitri F.
Sie Dokumentasi : Muh Zamroni
Sie Perlengkapan : Drs. Abadi
IX.
Anggaran
Anggaran
dibebankan pada RAKS SMP Negeri 8 Salatiga tahun 2019/2020 dengan sumber
dana
BOS. Adapun rincian anggaran terlampir.
X.
Struktur Program
NO
|
MATERI
|
JAM PELAJARAN
|
Fasilitator/
Narasumber
|
1
|
Kebijakan Disdikpora Kota Salatiga
|
1
|
Kadinas
Kota Salatiga
|
2
|
Kebijakan
Sekolah
|
1
|
Dra. Anna
Maria Andharini, M.Pd.
|
3
|
Penyusunan RKJM,
RKT dan RKAS
|
4
|
Dra. Anna
Maria Andharini, M.Pd. dan Bendahara BOS
|
4
|
Sekolah
Model
|
6
|
Endang Dwi
Wahyuni, M.Pd.
|
5
|
PKB
|
2
|
Dra. Anna
Maria Andharini, M.Pd.
|
6
|
Pembelajaran
Abad 21
|
2
|
Siti Umi Fitriyah, S.Pd
|
7
|
Praktik
Pembelajaran Abad 21
|
2
|
Siti Umi Fitriyah, S.Pd
|
8
|
Penyusunan KTSP Kurikulum 2013
|
2
|
Tim
Kurikulum
|
9
|
Silabus
|
2
|
Tim Kurikum
|
10
|
Prota,
Promes, KKM
|
2
|
Tim Kurikulum
|
11
|
RPP
|
2
|
Tim Kurikulum
|
12
|
Praktik
Penyusunan KKM, Silabus, Prota, Promes, RPP
|
4
|
MGMP Mapel
|
13
|
Evaluasi
Penilaian
|
2
|
Tim
Kurikulum
|
Jumlah
|
32
|
XI.
Kegiatan
Jadwal
kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Guru dan
Karyawan SMP Negeri 8 Salatiga dalam
menghadapi Abad-21 di Era Revolusi Industri 4.0 Tahun
Pelajaran 2019/2020 terlampir!.
XII.
Pelaksanaan Kegiatan
Senin, 29 Juli 2019
Acara
selanjutnya yaitu sambutan-sambutan, sambutan yang pertama oleh Plt. Kepala
Sekolah SMP N 8 Salatiga Dra. Anna Maria A, M.Pd. mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta
workshop dan juga kepada wakil sekolah imbas. Menerangkan bahwa kegiatan
workshop ini mengajak guru untuk melek IT. Dan bersama-sama mengefaluasi
sekolah dengan hasil capaian rapor mutu tahun 2018 untuk mengetahui standar
mana yang masih kurang, dan juga membuat RKAS dengan didasarkan dari raport
mutu karena raport mutu adalah potret diri dengan menganalisa raport mutyu akan
sangat bermanfaat untuk sekolah. Sambutan yang kedua oleh Kepala Dinas yang
pada kali ini diwakilkan kepada Ibu Endang Dwi Wahyuni, M.Pd, menerangkan bahwa
kedepannya sekolah imbas akan diganti dengan sekolah induk peningkatan mutu
dengan empat kegiatan. TPMPD dengan penanggungjawab Kepala Dinas akan memetakan
mutu sekolah mendampingi sekolah model, selain didampingi juga akan disupervisi
oleh pengawas dengan cara On Line. Empat standar meliputi standar kelulusan,
standar isi, standar proses dan standar. Meningkatakan mutu melalui peningkatan
sikap siswa, pengetahuan siswa, ketrampilan siswa. Kemudian acara dibuka secara
resmi oleh ibu Endang Dwi Wahyuni, M.Pd
Kebijakan
Sekolah (Ibu ana Maria andharini, M. Pd)
Kita
bukan orang besar, tapi bisa menghasilkan karya kecil dengan cinta yang besar.
Akan disampaikan dua materi yaitu kebijakan kepala sekolah dan program kerja.
Permendikbud no.15 tahun 2018 bahan kerja kepala sekolah: Manajerial,
pengembangan kewirausaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Yang
menjamin mutu sekolah adalah warga sekolah (guru, siswa, orang tua, komite).
Pengembangan
kewirausahaan (manajemen bagus, disiplin, jujur, kerja keras dan integritas).
Supervisi kepala sekolah terhadap guru dan tenaga kependidikan, supervisi
tujuannya membantu dengan tujuan evaluasi kebijakan kepala sekolah, prestasi
akademik (dinilai dari nilai UN), prestasi guru, prestasi non akademik dan
prestasi sekolah.
Program
kerja: Prestasi akademik; teknik rombel heterogen/ homogen, program
remidial, tambahan jam pelajaran dan materi online akhir pekan. Prestasi
Guru; PTK dengan kooperatif learning, menulis karya ilmiah, meningkatkan
literasi guru, meningkatkan kualifikasi guru. Program pembiasaan; reduce,
reuse, recycle, replant, replace (5R). Salam, sapa, sopan, santun (5S). Tertib
administrasi, tertib mengajar, tertib berpakaian, tepat waktu (4T). Pekerjaan
biasa jika dikerjakan dengn luar biasa akan menghasilkan yang luar biasa.
Sosialisasi Program
Rancangan
Aktualisasi dan habituasi nilai-nilai dasar dan perangkat kedudukan aparatur
negara (Optimalisasi peningkatan baca siswa di SMP Negeri 8 Salatiga) oleh
Ahmad Ali Ihsanudin, S.Pd. merupakan ajakan menggalakkan literasi kembali
dengan mengajak anak; membaca buku untuk literasi wakti 07.00-07.15.
Senin, 5 Agustus 2019
Acara
pembukaan dan doa dipimpin oleh Bp. Jumadi. Kemudian dilanjutkan acara yaitu
materi Pembelajaran abad 21 dan era revolusi
Industri 4.0.
Pembelajaran abad 21 dan revolusi Industri 4.0 (Ibu Siti Umi Fitriyah, S.Pd)
Zonasi
guru tidak berkaitan dengan jarak rumah, pemetaan berdasarkan. Pembelajaran
abad 21 dengan media whatsap, Youtube, blog. Diakhir pelatihan diharapkan semua
Bapak/Ibu guru bisa menghasilkan PI dan KI. Dalam PI dan KI harus memuat
kompetensi inti,KD, Indikator dan Sumber. Sifat pembelajaran abad 21 yaitu
kritis, kreatif, kolaborasi. Pembuatan absensi dengan zoho form dengan cara
klik baru, tulis nama form yang mau digunakan, diskripsi, klik buat, tulis nama
dan perbarui tanggal.
Perangkat Pembelajaran (Bpk Jumadi, S.Pd, M.Th)
Pembuatan
perangkat pembelajaran, guru diajak membuat produk perangkat pembelajaran
dengan penerapan pembelajaran terintegrasi literasi, PPK, keterampilan abad 21 dan revolusi industri 4.0.
Selasa, 6 Agustus 2019
Motivasi Guru dalam PKB
Motivasi Guru dalam PKB (Ibu Ana Maria Andharini,
M. Pd)
PKB
( Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), materi yang dibahas meliputi:
Reviuw
PKB, Data PKB, Mengapa PTK.
1.
PKB
meliputi: PI (Publikasi Ilmiah), KI( Karya Inovatif), Pengembangan diri.
Pengembangan diri didapat dari: IHT, MGMP, Workshop minimal 32 jam, tugas untuk
mengikuti pelatihan. Publikasi Ilmiah: membuat media pembelajaran kemudian di
onlinekan, artikel yang diterbitkan, PTK merupakan kewajiban, presentasi
diforum ilmiah, hasil penelitian, tinjaunan ilmiah, tulisan ilmiah populer,
artikel ilmiah, buku pelajaran, modul/diklat, buku bisang pendidikan, karya
terjemahan.
2.
Tabel
Kenaikan Pangkat
Penata pertama (Golongan IIIa)
Guru Pertama (Golongan IIIb)
Guru Muda (Golongan IIIc)
Guru Muda (Golongan IIId)
Guru Madya (Golongan IVa)
Guru Madya (Golongan IVb)
Guru Madya (Golongan IVc)
3.
Laporan
Hasil Penelitian PTK
Laporan hasil penelitian guru/ kepala
sekolah, dibidang pendidikan, dilaksanakan disekolah, sesuai tupoksi.
Guru SMP 8 Wajib PTK
IIIa berjumlah 6
IIIb berjumlah 4
IIIc berjumlah 8
IIId berjumlah 7
IVa berjumlah 17
IVb berjumlah 1
Tujuan PTK
a.
Untuk
meningkatkan prestasi siswa
b.
Untuk
kenaikan pangkat menambah penilaian
c.
Untuk
sekolah menjadi wadah peningkatan kompetensi
4.
Laporan
Penelitian dapat juga dibuat
Dari PTK bisa dikembangkan menjadi
modul, artikel, diktat, jurnal
5.
Tulisan
Ilmiah Populer
Di bidang pendidikan formal dan
pembelajaran nasional, dimuat dimajalah, media masa, web bukan blog. SMP N 8
bisa bekerja sama dengan suara merdeka, jurnal, wawasan, jawa pos.
Data dan Rencana PKB guru SMP N 8
Salatiga, mengisi PKB tahun sebelumnya dan rencana PKB tahun berikutnya.
RKAS
1.
Anggaran
dibuat pertahun
2.
Dana
BOS dari cut Off dari dapodik
3.
Belanja
pegawai dibagi menjadi beberapa rekening kecil
4.
Inspektorat
menanyakan: kemah bakti, wasana warsa, kegiatan tambahan pelajaran, wisata
belajar.
5.
Prosedur
pencairan uang bos tidak dipersulit tapi yang penting persyaratannya, seperti
daftar hadir, surat tugas, dll. Melalui tim belanja, lalu pengelolaan aset.
6.
Sewa
kantin harus dimasukkan ke RKAS
7.
Bagaimana
untuk alat-alat praktek prakarya.
Rabu, 7 Agustus 2019
1.
Pembukaan
Di buka dengan berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2. Pembelajaran dengan Kinemaster (Media Pembelajaran)
3. Penggunaan
KineMaster
a. Bapak ibu guru diajak membuat media pembelajaran dengan kinemaster.
a. Bapak ibu guru diajak membuat media pembelajaran dengan kinemaster.
b.
Mendownload kinemaster dengan HP Android dapat
didownload melalui Play Store
c.
Setelah selesai menginstal kemudian masukkan
beberapa foto yang akan dibuat video, ikuti perintah selesai dieksport
Sabtu, 10 Agustus 2019
1.
Pembukaan
Di buka dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
2.
Pembelajaran Pembuatan Video dengan FastStone Capture
(Media Pembelajaran)
a.
Mendownload
Faststone capture versi 9 with
activation code
c.
Enter
regristasision
d.
Catat
nomer kode regristrasi
e.
Masukkan
kode
f.
Perangkat
siap digunakan.
Telah dipraktekkan dalam KBM penulis, contoh
pembuatan perangkat pembelajaran (silabus, prota, promes, KKM, RPP, rubrik
penilaian dan juga soal evaluasi yang
sudah HOTS), pembuatan media pembelajaran dengan kine master, faststoon capture,
pembuatan danil dan simulasi pengisian danil sesuai revisi
2017 sampai pada deskripsinya.
XIV. Dampak
terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan guru dalam
peningkatan
mutu KBM dan siswanya.
Dapat meningkatkan keprofesional di bidangnya, al:
*
menyusun perangkat sesuai peraturan yang terbaru dan yang berlaku, yang
digunakan dalam
pedoman pelaksanaan pembelajaran, dengan mengintegrasikan PPK (Penguatan
Pendidikan
Karakter) dan PLS (Penguatan Literasi Sekolah), serta penyusnan soal
HOTS.
*
dapat membuat daftar nilai sendiri, dan
dapat mengisikan nilai tanpa merepotkan guru lain.
*
membuat media pembelajaran yang menarik sehingga meningkatkan aktivitas belajar, motivasi
belajar , pada
akhirnya hasil belajar meningkat
* Dapat menggunakan kelas online untuk pembelajaran
* Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan faststoone
capture, kine master.
XV.Penutup
Semua materi dalam Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga
Kependidikan SMP N 8 Salatiga tahun
Pelajaran 2019/2020 diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat
meningkatkan keprofesionalitasnya dan pada akhirnya nanti meningkatkan pula kualitas pengajaran
kepada peserta didiknya.
Nama Diklat
|
Tpt kegiatan
|
Jmlh jam
|
Nama nama fasilitator
|
Mata Diklat/ Kompetensi
|
Nama penyelenggara
|
Dampak
|
Workshop Peningkatan mutu
guru dan karyawan SMP Negeri 8 Salatiga
Tahun Pelajaran 2019/2020
Dalam menghadapi
Keterampilan Abad 21
|
SMPN 8
Salatiga
|
32
|
*Yuni Ambarwati,SH.,MH
*Dra. Anna Maria Andharini, M.Pd
*Endang Dwi Wahyuni, M.Pd
*Dr.Jumadi, M.Th
*Siti Umi Fitriyah, S.Pd
*Liana Istiqorini, A.Md.Pd
|
*Kebijakan Disdikpora Kota Salatiga Penyusunan *EDS Sosialisasi PKB
terbaru Penyusunan RKS, RKAS
*Pembelajaran Abad 21; fastoone capture, kine master, oscreen o matic,
dan sebagainnya.
*RPP dengan HOTS, 4C , PPK, dan Literasi
*KTSP SMPN 8 Salatiga
* *Buku Kerja 1-3
|
Dinas
Pendidikan Kota Salatiga dan SMP N 8 Salatiga
|
Dapat
meningkatkan keprofesional di bidangnya, al:
* menyusun
perangkat sesuai peraturan yang berlaku
* dapat
membuat soal HOTS
* dapat
mengisi daftar nilai sesuai dengan permen 23.
*Membuat media pembelajaran
|
Lampiran
2 Foto Kegiatan
FOTO
KEGIATAN
WORKSHOP
PENINGKATAN MUTU GURU DAN KARYAWAN MENGHADAPI ABAD-21 DI ERA REVOLUSI INDUSTRI
4.0
SMP
NEGERI 8 SALATIGA, TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar