TAHAP – TAHAP PERKEMBANGAN PADA MANUSIA
|
Perkembangan merupakan proses pertumbuhan yang diikuti dengan bertambahnya kedewasaan seseorang. Jadi perkembangan sejalan dengan proses pertumbuhan, karena sama-sama terjadi pertambahan volume sel, dan bertambah kompleksnya susunan kimiawi sel. Dari pertumbuhanya untuk menuju ke proses perkembangan diikuti oleh proses diferensiasi untuk menuju proses speferensiasi kemudian menuju proses sosialisasi.
A. Perkembangan Embrionik
Perkembangan
embrionik adalah masa pembuahan sampai lahir.
Setelah terjadi pembuahan yaitu meleburnya sel sperma dan sel telur akan
membentuk zigot. Zigot akan berkembang menjadi embrio dan selanjutnya terus
berkembang menjadi bayi. Perkembangan embrio sampai bayi yang siap dilahirkan
sebagai berikut:
1. Bulan Pertama
bulan pertama. Perut, otak dan
jantung
mulai terbentuk. Hati dan telinga
baru
saja nampak. Kelenjar tiroid juga
terbentuk. Jantung selalu
berdenyut
yang dapat dilihat pada tonjolan
di
depan lengan. Kita dapat
memperhatikan
awal perkembangan mata. Titik
gelap
ada pada kepala merupakan mata
embrio.
Lengan dan kaki telah berkembang.
Embrio memiliki berat 0,02 gram
dengan ukuran kira-kira 4 mm.
2. Bulan kedua
Selama bulan kedua, lengan dan kaki
terbentuk serta jari-jari kecil
tumbuh.
Mata mempunyai kelopak. Mulut
mempunyai bibir dan hidung
mempunyai lubang hidung. Otot
dan tulang terbentuk. Artinya
pada
bulan ini semua organ utama telah
terbentuk dan jantung bayi
berdenyut.
Embrio dapat bergerak pada bulan
ini.
Berat embrio kira-kira 1,0 gram
dengan Perkembangan
embrio manusia
ukuran kira-kira 30 mm.
3. Bulan ketiga
Pada awal bulan ketiga, embrio mulai
disebut bayi (fetus). Bayi adalah
embrio yang telah memiliki sistem kelengkapan tubuh. Organ tubuh belum lengkap,
tetapi semuanya telah ada. Bayi dapat mengerakkan kepala dan anggota gerak,
tetapi sang ibu belum dapat merasakannya. Pada bulan
ini berat bayi baik laki-laki
atau perempuan adalah 14 gram dengan ukuran kira-kira 87 mm.
4. Bulan keempat
Pada bulan keempat bayi agak aktif.
Seorang ibu mulai merasakan gerakan itu. Pada akhir bulan keempat, ukuran bayi
mencapai 140 mm dan berat 100 gram.
5. Bulan kelima
Perkembangan berlanjut hingga bulan kelima.
Bayi merasakan reaksi terhadap suara keras dengan cara menendang dan
menggeliat. Pada bulan keenam, bayi terus mengalami pertumbuhan dan biasanya
bayi membalikkan kepalanya ke bawah, siap dilahirkan. Setelah 38 minggu atau
kira-kira 266 hari, kelahiran akan segera tiba. Bayi kira-kira 350 mm dan berat
3000 gram.
B. Perkembangan
Pascaembrionik
Perkembangan pasca embrionik adalah
masa setelah lahir. Begitu lahir bayi segera bernafas, hal ini menunjukkan
paru-paru segera berfungsi .
1. Masa Neonatal dan
bayi
Masa
empat minggu pertama setelah lahir dikenal
dengan periode “neonatal” artinya kelahiran baru.
Pada periode ini bayi beradaptasi
pada lingkungan
yang berbeda, yaitu di luar
uterus (rahim). Kegiatan
fungsional tubuh, seperti
bernafas, pencernaan dan
ekskresi telah dilakukan. Masa
pertumbuhan dan
perkembangan berikutnya adalah
bayi, yaitu periode
dari neonatal ke usia satu tahun. Semua bayi memiliki
tingkat pertumbuhan dan
perkembangan yang berbeda-
beda antara lain;
- Pada bayi yang baru
lahir, ia tidak dapat menyusu
dengan baik dari ibunya maupun dari botol, ia
tidur 14-18 jam sehari dan terbangun 3-4 jam
untuk
diberi
makan.- Pada usia 4 bulan, ia suka
digendong
sehingga dapat
lebih jelas melihat keadaan sekeliling,
ia sudah
dapat tersenyum bila melihat seseorang yang
telah dikenal.
- Pada usia 9 bulan,
bayi dapat duduk dengan aman,
tangannya sudah dapat mengambil atau memegang
sesuatu dengan
benar.
- Ketika mencapai
usia 1 tahun, bayi dapat berpindah-pindah tempat dan merangkak atau mengeser
posisi duduknya,
ia dapat menoleh jika seseorang memanggil namanya dan dapat melakukan
perintah yang sederhana.
2. Masa anak-anak
Di mulai dari masa habis menyusui yaitu
sekitar
2 tahun sampai menjelang remaja.
- anak-anak usia 2 tahun mulai belajar
mengkoordinasikan
dan mengendalikan gerak
badan.
- antara 2 dan 3 tahun mulai belajar memusatkan
perhatian dan minat
terhadap benda-benda dengan
memusatkan
pandangan.
- antara 3 sampai 6 tahun pada anak mulai muncul
rasa ingin tahu, mulai bertanya-tanya,
membaca,
menulis dan bermain
semua jenis permainan
anak-anak. Masa balita (bawah lima tahun) merupakan perode optimal
terjadinya pertumbuhan
tulang dan perkembangan otak, dengan tahapan sebagai
berikut:
¨
Indra bayi mulai merespon rangsang sinar dan
bunyi (usia 1 bulan)
¨
Bayi mulai tengkurap dan mampu mengendalikan
bobot kepalanya (usia 5-6 bulan)
¨
Bayi muali merangkak dan berdiri sendiri tanpa
bantuan orang lain (9-12 bulan)
¨
Bayi mulai mampu berjalan (18 bulan)
¨
Bayi dapat berbicara dengan kalimat sederhana
(2-3 tahun)
¨
Anak mulai mengekspresikan apa yang ada dalam
pikiran mereka (usia 3 tahun).
3. Masa Pancaroba /
Remaja
Masa pancaroba (masa pubertas) adalah masa
pertumbuhan yang cepat dengan kematangan sistem reproduksi (alat perkembangbiakan). Tahap
remaja dibagi menjadi 3 tahap yaitu :
1. Remaja awal :
wanita 11 - 13 tahun
Pria
12 – 15 tahun
2. Remaja madya :
antara 15 – 18 tahun
3. Remaja akhir : antara 19 - 21 tahun.
Masa ini diawali dengan masa
remaja dan berakhir pada masa dewasa. Pertumbuhannya berlangsung antara 9
sampai 13 tahun pada perempuan dan antara 10 sampai 14 tahun pada anak laki-laki. Kecepatan
pertumbuhan dan pematangan tergantung pada hormone kelamin yang dihasilkan oleh hipofisis.
Untuk mengetahui perbedaan ciri-ciri wanita dan
laki-laki pada masa remaja / puber, perhatikan di bawah ini!
1. Ciri kelamin
primer
Perempuan / Wanita
|
Laki-laki / Pria
|
Menstruasi /menarche
Ovarium menghasilkan sel telur
|
Mimpi basah
Testes menghasilkan sperma
|
2. Ciri Kelamin
Sekunder
Perempuan / Wanita
|
Laki-laki / Pria
|
Ciri Fisik
Ø
Payudara membesar, untuk menyusui anaknya
Ø
Tumbuh rambut di bagian tertentu
Ø
Suara melenking
Ø
Pinggul melebar, untuk persiapan melahirkan
Ø
Peningkatan produksi kelenjar minyak, sehingga
berjerawat
|
Ciri Fisik
Ø
Dada menjadi bidang, untuk sandaran
pasangannya.
Ø
Tumbuh rambut di bagian tertentu
Ø
Suara membesar
Ø
Tumbuh jakun, menambah resonansi suara
Ø
Peningkatan produksi kelenjar minyak, sehingga
berjerawat
|
Ciri Psikologis
§
Mulai mendambakan kebebasan
§
Rasa ingin tahunya meningkat
§
Mengidolakan tokoh yang di kagumi
§
Emosional/ emosi belum stabil
§
Tahap pencarian jati diri
§
Mempertahankan prinsip dengan segala cara.
§
dll
|
Ciri Psikologis
§
Mulai mendambakan kebebasan
§
Rasa ingin tahunya meningkat
§
Mengidolakan tokoh yang di kagumi
§
Emosional
§
Tahap pencarian jati diri
§
Mempertahankan prinsip dengan segala cara.
§
dll
|
Diagram
siklus menstruasi
Pada remaja
putri seperti saat ini siswa kelas VIII SMP telah mengalami menstruasi yang
menandakan organ kelamin perempuan
(ovarium) telah dapat melepaskan sel telur. Jika sel telur dibuahi sel sperma,
maka akan berkembang menjadi embrio.Selanjutnya embrio akan tumbuh dan
berkembang menjadi bayi. Akan tetapi jika sel telur tidak dibuahi, maka sel
telur tidak berkembang dan akan meluruh bersama dengan sel-sel yang menyusun
penebalan dinding rahim (uterus), kemudian meninggalkan uterus menuju vagina.
Peristiwa meluruhnya sel telur, darah
dan sel penebalan dinding uterus disebut menstruasi
(haid). Siklus menstruasi sebulan sekali
dengan rentang waktu berkisar antara 28 sampai 34 hari. Menstruasi ini terjadi
terus hingga perempuan berusia kurang
lebih 40 tahun sampai 50 tahun. Setelah tidak mengalami menstruasi disebut masa menopause.
Beberapa cara yang dapat
dilakukan dalam menjaga kebersihan diri saat menstruasi :
a. Mandi setiap hari dengan sabun
dan air hangat
b. Sesudah buang air besar,
bersihkan dubur dari depan ke belakang
c. Memakai celana dalam dari
katun daripada dari nilon
d. Selama haid, gantilah pembalut
sesering mungkin
e. Selama ovulasi pengeluaran cairan vagina lebih banyak
dari biasanya, cucilah dengan sabun
sampai bersih.
f. Jika ingin bertanya pada organ reproduksimu, tanyalah pada ibumu karena sesama wanita.
4. Masa Dewasa
Masa
dewasa satu tingkat lebih tinggi di banding
masa remaja, dan fungsi reproduksi sudah
sempurna. Masa ini terjadi sekitar usia 20 tahun. Pada masa ini sudah tidak
lagi terjadi pertumbuhan fisik. Pada masa ini juga pertumbuhan dan perkembangan emosional menuju tingkat yang lebih matang. Seseorang yang memasuki masa dewasa mulai berpikir untuk bekerja dan
meningkah. Bercirikan telah berkeluarga,
memiliki pekerjaan tetap dan sibuk dengan tanggung jawab keluarga.
5. Masa Tua/ Manula
Setelah 65 tahun ke atas memasuki masa usia
lanjut dikenal dengan manula. Di usia ini orang harus istirahat dari kesibukan kerja. Masa ini
biasanya diisi dengan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan (hobi) mereka,
seperti kegiatan rekreasi atau kegiatan kemasyarakatan. Masa ini diikuti ciri fisik antara lain; kulit
keriput, mata rabun/ katarak, pelupa/ pikun
dan rambut beruban
TAGIHAN 2.1
TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN
MANUSIA
A. Tujuan : Mengetahui ciri-ciri manusia pada usia / tahapan
tertentu
B. Landasan Teori
Perkembangan
manusia meliputi : bayi, anak-anak, remaja, dewasa, tua, manula dan mati
C. Alat dan Bahan
- Carta
- Gb
perkembangan manusia
- pengalaman
D. Cara Kerja
1. Siapkan gambar
atau carta tahap perkembangan manusia
2. Amati dengan
cermat gambar / carta tersebut!
3. Tuliskan
perkembangan struktur dan fungsi fisiknya serta tingkah laku yang biasa
dilakukan!
4. Catat dalam tabel
hasil pengamatan!
E. Hasil Pengamatan
No
|
Tahap-Tahap perkembangan Manusia
|
Ciri-ciri fisik
|
Tingkah Laku
|
1.
|
Balita
|
||
2.
|
Remaja
|
||
3.
|
Dewasa
|
||
4.
|
Manula
|
F. Aplikasi dan Analisis
1. Kapan tahap
perkembangan ketika mulai dapat bicara dan mencoret-coret !
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
2. Apakah akan
tetap berlangsung sampai remaja!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
3. Adakah perbedaan
ciri-ciri fisik pada tahap remaja dan dewasa? Jelaskan!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
4. Bagaimanakah
ciri-ciri tahap tua / manula!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
5. Apakah perbedaan
tingkah laku pada tahap remaja dengan tahap dewasa?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
G. Kesimpulan
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………….
TAGIHAN 2.2
PERTUMBUHAN PADA REMAJA LAKI-LAKI DAN REMAJA PEREMPUAN
A. Tujuan : 1. Mengukur rata-rata pertumbuhan pada remaja
laki-laki dan perempuan
2.
Mengetahui adanya perbedaan rata-rata pertumbuhan pada remaja laki-laki dan
perempuan
B. Landasan Teori : Pubertas pada remaja biasanya dialami
pada usia 11 tahun sampai 21 tahun
Tahap remaja
dibagi menjadi 3 tahap yaitu :
1. Remaja
awal : wanita 11 - 13 tahun
Pria 12
– 15 tahun
2.
Remaja madya : antara 15 – 18 tahun
3.
Remaja akhir : antara 19 - 21
tahun
C. Alat dan Bahan
- alat ukur
tinggi
- timbangan badan
D. Cara Kerja
1. Bagi kelasmu menjadi dua kelompok laki-laki dan perempuan
2. Setiap kelompok mengukur tinggi tubuh masing-masing
anggotanya dengan menggunakan alat
ukur tinggi
3. Catat tinggi
masing-masing anggota dan kelompokkan dengan interval 5 cm mulai dari yang
paling pendek
hingga yang paling tinggi
4. Buatlah tabel yang menyatakan tinggi dan jumlah anggota!
5. Setiap kelompok
mengukur berat tubuh masing-masing
anggotanya dengan menggunakan alat
timbangan badan
6. Catat berat masing-masing anggota dan kelompokkan dengan
interval 5 kg mulai dari yang
paling ringan
hingga yang paling berat
7. Buatlah tabel yang
menyatakan berat dan jumlah anggota!
E. Hasil Pengamatan
Anggota
kelompok Laki-laki Anggota
Kelompok perempuan
|
|
Tabel Pengukuran Tinggi Badan
Anggota kelompok Laki-laki Anggota
Kelompok perempuan
|
|
Tabel Pengukuran Berat Badan
F. Aplikasi dan Analisis
1. Berapa tinggi
tubuh anggota kelompokmu yang paling pendek?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
2. Berapa tinggi
tubuh anggota kelompokmu yang paling
tinggi?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
3. Berapakah tinggi
tubuh dalam kelompokmu yang beranggotakan paling banyak?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
4. Berapa berat tubuh anggota kelompokmu yang paling ringan?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
5. Berapa berat tubuh anggota kelompokmu yang paling berat ?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
6. Berapakah
berat tubuh dalam kelompokmu yang
beranggotakan paling banyak?.
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
7. Apakah ada
perbedaan rata-rata tinggi dan berat tubuh antara anggota kelompok laki-laki
dengan
anggota kelompok
perempuan?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
8. Apakah yang
menyebabkan perbedaan tersebut?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
G. Kesimpulan
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………….
Tagihan 2.3
Pasangkanlah penyataan
di kolom X dengan pasanganya di kolom Y
Kolom X
Kolom Y
|
|
(ii) remaja madya B.
masa sebelum lahir
|
(iii) ovarium C. usia 19 – 21 tahun
|
(iv) testosterone D.
tahap dari lahir sampai usia 2 minggu
|
(v) Remaja akhir E.
hormone kelamin pria
|
(vi) Fertilisasi F.
masa akhir masa remaja
|
|
|
|
(x) adolesen
J.
tempat sel telur di hasilkan
Pelatihan 2
A. Berilah tanda
silang (X) huruf a, b, c dan d pada jawaban yang paling benar!
1. Tumbuh kembang
balita balita dapat diukur dari ….
a. pertambahan
berat, panjang dan lingkar kepala c.
pertambahan lingkar kepala
b. pertambahan
panjang d.
pertambahan berat badan
2. Proses kemunduran
terjadi pada masa ….
a. anak-anak c.
remaja
b. tua d.
dewasa
3. Berikut ini yang
besar pengaruhnya terhadap rasa percaya diri pada remaja adalah ….
a. tingkah laku c.
nama dan panggilan
b. selalu tampil
beda d.
berwajah jelek
4. Wanita akan
mengalami menstruasi yang terjadi sebulan sekali pada masa ….
a. remaja
hingga dewasa c.
remaja hingga menopause
b. puber hingga
dewasa d.
kehamilan
5. Keadaan remaja
yang dapat menghadapi masalah dengan baik berarti ….
a. mampu
menghadapi masalah di masa remaja saja
b. mempunyai
modal dasar dalam menyelesaikan masalah di masa dewasa saja
c. mempunyai
modal dasar dalam menyelesaikan masalah
selanjutnya sampai dewasa
d. tidak mampu
menghadapi masalah di masa dewasa
6. Menstruasi pada
wanita dipengaruhi oleh ….
a. aktivitas
hormone pertumbuhan, usia dan ukuran tubuh
b. aktivitas
hormone kelamin
c. aktivitas
hormone pertumbuhan
d. hormone, usia
dan berat tubuh
7. Perubahan ciri-ciri
tubuh yang dialami oleh remaja pria dan wanita adalah ….
a. suara
membesar c.
tumbuh rambut di bagian kemaluan
b. pinggul
membesar d.
terjadi menstruasi
8. Teman sebaya
dalam kelompok sangat berpengaruh terhadap ….
a. tidak adanya
penilaian diri yang pasti c.
nama panggilan
b. tingkah laku d.
biasa saja
9. Hormon laki-laki
yang memacu pertumbuhan kelamin sekunder adalah ….
a. testosterone c.
progesterone
b. estrogen d.
tiroksin
10. Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium disebut ….
a. embrio c.
zigot
b. individu baru d.
ovulasi
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
1. Sebutkan
tanda-tanda seks sekunder pada laki-laki!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………..
2. Sebutkan
tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan
pada manusia mulai dari zigot sampai
Manula
Jawab :
……………………………………………………………………………………………..
3. Tahap remaja
dibagi 3 sebutkan!
Jawab :
……………………………………………………………………………………………..
4. Jelaskan
pengertian prenatal!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
5. Mengapa setiap
mahkluk hidup perlu berkembang biak?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………..
ULANGAN HARIAN 2
I. Berilah tanda
silang (X) huruf a, b, c dan d pada jawaban yang paling benar!
1. Pertumbuhan dan
perkembangan terjadi secara ….
a. bergantian c.
berselang-seling
b. bersamaan d.
berurutan
2. Urutan yang tepat
mengenai tahap perkembangan embrio adalah ….
a. morula –
blastula – diferensiasi dan organogenesis
b. morula –
gastrula – blastula – diferensiasi dan organogenesis
c. blastula –
gastrula – diferensiasi sel dan organogenesis – morula
d. morula-
blastula – gastrula – diferensiasi dan organogenesis.
3. Masa yang paling
optimal untuk pertumbuhan tulang dan perkembangan otak adalah ….
a. balita c.
remaja
b. puber d.
dewasa
4. Pada umumnya anak
dapat berjalan tanpa bantuan orang lain pada umur ….
a. 9 bulan c.
20 bulan
b. 18 bulan d.
1 tahun.
5. Di bawah ini yang
dimaksud zigot adalah ….
a. hasil
peleburan sel-sel kelamin
b. hasil
peleburan gamet jantan dan gamet betina
c. hasil
peleburan sel kelamin sejenis
d. hasil
peleburan antara spermatozoa
6. Di dalam rahim
bayi memperoleh makanan dan oksigen melalui….
a. plasenta c.
tali pusar
b. embrio d.
dinding rahim
7. Peristiwa
keluarnya sel telur dari indung telur disebut ….
a. ovulasi c.
menopause
b. menstruasi d.
masa puber
8. Tempat menetapnya
embrio sampai saatnya dilahirkan adalah …..
a. ovarium c.
tuba falopi
b. oviduk d.
uterus
9. Berikut ini
merupakan sebutan untuk berhentinya masa menstruasi adalah ….
a. ovulasi c.
menopause
b. menstruasi d.
masa puber
10. Yang bukan
termasuk ciri-ciri kelamin (seks) sekunder pada wanita adalah ….
a. payudara
tumbuh membesar c.
membesarnya pinggul
b. kulit
menjadi berjerawat d.
tumbuh jakun
11. Yang bukan
termasuk ciri-ciri kelamin (seks) sekunder pada pria adalah ….
a. suara
menjadi besar c.
dada menjadi bidang
b. pinggul
membesar d.
tumbuh jakun
12. Sel telur tidak
dibuahi akan dikeluarkan dari dalam tubuh yang disebut ….
a. ovulasi c.
menopause
b. menstruasi d.
masa pubertas
13. Hormon yang
mempengaruhi perubahan fisik dan psikologi pada masa remaja pada anak
perempuan adalah ….
a. testosteron c.
esterogen dan progesterone
b. tiroksin d.
esteogen dan tiroid
14. Fungsi reproduksi
sudah sempurna pada ….
a. awal
pubertas c.
masa remaja
b. masa puncak d.
awal masa dewasa
15. Orang mengalami
pertumbuhan paling pesat pada masa ….
a. remaja c.
dewasa
b. balita d.
manula
16. Urutan
tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan pada manusia secara berurutan adalah
….
a. bayi lahir –
balita – anak-anak – adolesen – remaja – dewasa – masa tua – manula
b. bayi lahir –
balita – anak-anak – remaja - adolesen –
dewasa – masa tua – manula
c. bayi lahir –
balita – anak-anak – dewasa –
manula - masa tua
d. bayi lahir
– anak-anak – remaja – dewasa – manula – masa tua – mati – balita
17. Masa neonatal
yaitu masa bayi yang mengalami perkembangan dan pertumbuhan berupa mental
dan ketrampilan
fisik dari nol bulan dari kelahiran sampai ….
a. 4 minggu c.
2 tahun
b. 1 tahun d.
5 tahun
18. Periode anak-anak
diakhiri pada usia ….
a. 9 – 11 tahun c.
12 – 18 tahun
b. 12 – 13
tahun d.
14 – 15 tahun
19. Tubuh laki-laki
menghasilkan sperma sejak ….
a. bayi c.
meningkah
b. pubertas d.
disunat
20. Adolesen
merupakan masa dari ….
a. awal dari
masa dewasa
b. akhir dari
masa dewasa
c. awal dari
masa tua
d. akhir dari
masa pertumbuhan dan perkembangan
21. Menarche
merupakan proses yang terjadi pada masa ….
a. balita c.
dewasa
b. pubertas d.
puncak
22. Pada umumnya kulit keriput merupakan tanda ….
a. balita c.
dewasa
b. remaja d.
manula
23. Sel telur yang
dibuahi sel sperma disebut ….
a. janin c.
zigot
b. embrio d.
fetus
24. Berikut ini yang
bukan cara yang dilakukan untuk menjaga kebersihan diri saat menstruasi
adalah ….
a. menganti
pembalut sesering mungkin
b. menggunakan
celana dalam yang terbuat dari nilon
c. sesudah
buang air besar, bersihkan dubur dari depan ke belakang
d. mandi setiap
hari dengan air hangat
25. Seorang ibu hamil
mulai merasakan gerakan dari janin mulai bulan ke ….
a. 1 c.
3
b. 2 d.
4
26. Adaptasi yang
pertama kali dilakukan oleh bayi yang baru lahir adalah ….
a. minum ASI c.
makan
b. bernafas d.
melihat
27. Pada masa usia
lanjut terjadi pada usia ….
a. 65 tahun ke
atas c.
50 tahun ke bawah
b. 65 tahun ke
bawah d.
50 tahun ke atas
28. Kritinisme adalah ….
a. kekerdilan
tubuh akibat kekurangan hormone pertumbuhan
b. pertumbuhan
raksasa akibat kelebihan hormone
pertumbuhan
c. pertumbuhan
normal
d. kelainan
pada pertumbuhan tulang dan otot sehingga cebol
29. Hormon yang
mengendalikan pertumbuhan pada manusia dihasilkan oleh kelenjar ….
a. pencernaan c.
ludah
b. pancreas d.
pituitary
30. Di bawah ini yang
dimaksud gigantisme adalah….
a. kekerdilan tubuh akibat kekurangan
hormone pertumbuhan
b. pertumbuhan
raksasa akibat kelebihan hormone
pertumbuhan
c. pertumbuhan
normal
d. kelainan
pada pertumbuhan tulang dan otot sehingga cebol
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Proses pertumbuhan
dan perkembangan manusia meliputi dua fase utama yaitu ….dan ….
2. Pembebasan sel
telur dari kandung telur disebut ….
3. Sel telur yang
telah dibuahi sperma akan menjadi ….
4. Peristiwa
meluruhnya sel telur, darah dan sel penebalan dinding uterus disebut ….
5. Embrio yang telah
mempunyai system kelengkapan tubuh disebut ….
6. Otot dan tulang
akan terbentuk pada kehamilan bulan ke …..
7. Bulan ke ….berat
bayi mencapai 3000 gram.
8. Bayi memperoleh
makanan dan oksigen dalam rahim melalui ….
9. Perkembangan bayi
dalam rahim berlangsung kurang lebih …. bulan
10.Tempat menetapnya embrio sampai saatnya lahir adalah ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
1. Perkembangan manusia
meliputi dua fase utama. Sebut dan jelaskan!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
2. Jelaskan
perkembangan embrio manusia pada bulan ke- tiga?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
3. Apa yang kamu
ketahui tentang menstruasi? Jelaskan!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
4. Apa saja yang
harus diperhatikan anak putri saat
terjadi menstruasi!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
5. Tuliskan tahap-
tahap pertumbuhan dan perkembangan pada manusia mulai dari zigot sampai
manula!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
6. Sebutkan ciri-ciri
kelamin primer dan sekunder pada pria!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
7. Sebutkan ciri-ciri kelamin primer dan sekunder pada
wanita!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
8. Sebutkan sifat
psikologis yang dialami pada masa remaja!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
9. Apa perbedaan
kemampuan reproduksi antara laki-laki dan perempuan?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
10.Sebutkan ciri-ciri masa manula!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar